| by eddye | No comments

Pengertian Flu Unta

Sebelum Anda mengetahui Pengertian Flu Unta ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa hewan unta merupakan salah satu yang mampu menjadi perantara penyebaran penyakit, termasuk penyakit yang dikenal dengan istilah penyakit flu unta.

Apa itu Pengertian Flu Unta

Walaupun istilah dari flu unta memang belum banyak dikenal dikalangan masyarakat pada umumnya yang tidak seperti pada kasus penyakit flu burung. Namun Anda perlu mengetahui Pengertian Flu Unta dimana  flu unta sebenarnya bukan sebuah jenis penyakit baru. Pada dunia kesehatan flu unta dikenal dengan istilah Middle East Respiration Syndrome Coronavirus (Mers-Cov). 

Penyakit flu unta ini disebabkan oleh adanya virus korona yang bersarang pada organ pernapasan. Pada beberapa kasus yang terjadi penyakit ini bisa menyebabkan resiko terjadinya kematian pada pengidapnya. 

Walaupun penyakit ini hampir berasal dari virus yang menyebabkan penyakit SARS karena sama-sama disebabkan oleh corona virus namun flu unta ini terjadi akibat dari jenis corona virus yang berbeda dengan penyakit tersebut. Penyakit flu unta atau Mers saat ini sudah terdeteksi dibeberapa negara, termasuk Eropa, Asia, sampai Amerika

Keberadaan virus ini pertama kali dilaporkan tepatnya ppada bulan September 2012 di Arab Saudi sehingga masyarakat menyebutnya disebut juga sebagai flu Arab. Kejadian ini juga dibuktikan dengan adanya sebuah laporan yang menyebutkan bahwa seorang pria Arab tengah terjangkit penyakit unta atau Mers kejadian itu berawal dari hari ke tujuh hari setelah pria tersebut mengoleskan obat topikal ke untanya yang sedang sakit. 

Pada umumnya gejala flu unta

Setelah anda ketahui apa itu flu unta Anda juga perlu mengetahui beberapa gejala yang akan  ditimbulkan saat seseorang telah berhasil terjangkit dari serangan virus korona yang mampu menyebabkan Mers-Cov atau flu unta. Beberapa gejala yang timbul seperti badan yang demam, kemudian pasien mengalami batuk, dan  napas pendek. Bahkan juga pada beberapa kasus sampai mengalami pneumonia.

Cara mengobati dan meredakan flu unta atau MERS CoV

Walaupun sebenarnya sampai pada saat ini dalam dunia kedokteran belum ditemukan sebuah metode yang ampuh maupun vaksin yang ampuh untuk mengobati dan mencegah adanya flu unta atau MERS CoV. 

Namun bagi pasien dengan yang masih tergolong ringan atau gejala ringan, maka dokter ahli akan memberikan sebuah resep obat untuk meredakan demam dan nyeri. Selain itu dokter juga akan memberikan saran kepada pasiennya untuk melakukan istirahat yang cukup di rumah. Dan menyarankan agar sebisa mungkin mengurangi bahkan menghindari adanya kontak dengan orang lain untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Namun bagi Anda yang termasuk pada golongan pasien yang mengalami gejala berat maka akan diperlukan sebuah penanganan khusus intensif di rumah sakit. Maka biasanya pasien akan diberikan antibiotik dan infus. Bahkan jika perlu maka dokter juga akan melakukan memonitor fungsi organ tubuh secara intensif serta memasangkan alat bantu untuk pernapasan.

Namun walaupun belum ada vaksin untuk mencegah MERS CoV Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko tertular virus ini dengan langkah sebagai berikut:

Pertama pastikan Anda telah rutin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan dan sabun. Utamanya sebelum makan, jika tidak ada sabun juga bisa menggunakan hand sanitizer.

Kedua menutup hidung serta mulut Anda ketika bersin atau batuk dengan tisu. Ketiga Anda juga perlu membersihkan benda yang sering disentuh banyak orang seperti pada pegangan pintu. Serta usahakan untuk mengindari kontak langsung dengan seseorang yang sedang sakit flu unta  termasuk menjaga agar tidak sampai berbagi alat makan.

Demikian pengertian flu unta, gejala yang timbul dari flu unta serta cara mengobati saat Anda terserang virus ini semoga menjadi informasi yang bisa diambil manfaatnya. 

Leave a Reply