| by eddye | No comments

Museum Ullen Sentalu, Museum Jogja Terbaik di Indonesia

Museum Ullen Sentalu adalah museum pribadi yang konstruksinya diprakarsai oleh keluarga Haryono di bawah payung Yayasan Ulating Blencong. Ullen Sentalu sendiri adalah singkatan dari kata Ulating Blencong Sejatine Luman Tataran, yang berarti kehidupan umat manusia. Museum Ullen Sentalu menyimpan berbagai koleksi dan warisan dan kehidupan bangsawan Jepang selama kerajaan Mataram.

Museum ini dibangun dengan konsep yang sangat bagus. Ullen Sentalu terlihat dari luar ke luar dengan perpaduan arsitektur abad pertengahan gothic Eropa dan Jawa. Dikombinasikan dengan lanskap pegunungan, didekorasi dengan taman, dihiasi dengan berbagai patung, dan lingkungan yang damai membuatnya lebih tenang ketika menjejakkan kaki di sini.

Tidak seperti kebanyakan museum, pengunjung tidak diperbolehkan menjelajahi ruang pameran museum. Pengunjung akan dibuat grup yang akan disertai oleh pemandu khusus yang akan menjelaskan kisah benda dan tokoh di istana Jogja dan Solo saat mereka bergerak secara kronologis dari satu ruangan ke ruangan lain. Untuk menerima layanan ini, tidak ada biaya tambahan bagi para pengunjung karena mereka sudah termasuk dalam tiket masuk dari awal.

Ruang pertemuan di Museum Ullen Sentalu dibagi menjadi beberapa ruangan yang berbeda. Yang pertama adalah ruang tamu (ruang tamu). Lalu ada ruang seni dan Gamelanet, yang memiliki koleksi koleksi gamelan. Ruang ketiga adalah Guwo Selo Giri, ruang pamer untuk tokoh-tokoh kunci yang mewakili empat kerajaan dinasti Mataram. Selain itu, Kampung Kambang, sebuah bangunan unik yang dibangun di atas air dengan koleksi batik, puisi dan album live GRKay. Yang terakhir adalah ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa, sebuah museum terbuka dengan patung-patung dewa dan dewi dari abad ke-8 dan ke-9.

Di akhir tur museum, wisatawan akan ditawari obat herbal “Ratu Mas” yang ramuannya dibuat dari resep rahasia untuk tujuh konsentrasi herbal yang dibuat oleh Permaisuri Sultan Pakubuwono X. Minuman herbal ini menjanjikan ketampanan dan kecantikan.

Setelah berjalan kira-kira. 1 jam, wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan lezat di Beukenhof Restaurant, yang memiliki arsitektur Gothic. Beberapa hidangan yang direkomendasikan adalah Hummer Thermidor, tender ayam dilapisi tepung roti dan rak domba. Hidangan lezat, tempat-tempat indah dan pemandangan indah tentu akan membuat ruang makan tak terlupakan.

Leave a Reply