| by eddye | No comments

Demam Berdarah, Apa Penyebabnya?

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi di Indonesia dan tak jarang membuat penderitanya meregang nyawa. Penyebab dari penyakit ini adalah virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk. Biasanya nyamuk ini melancarkan aksinya pada saat pagi hari hingga menjelang petang.

Sebelum gigitan nyamuk Aedes Aegypti benar-benar menyebarkan virus dalam tubuh seseorang, ternyata ada beberapa tahapan penyebaran virusnya di dalam tubuh. Nah, bagaimana proses penyebaran virus dan perkembangannya akan dijelaskan di artikel ini, jadi jangan lupa dibaca untuk menambah pengetahuan dan juga kewaspadaan Anda.

Proses Penyebaran Virus Demam Berdarah

  1. Pada tahap ini virus masuk dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Bagian tubuh yang biasanya jadi sasaran empuk nyamuk ini adalah leher dan pergelangan kaki. Setelah virus masuk ke dalam tubuh, virus akan mengalir dalam darah dan menginfeksi sel kulit terdekat.
  2. Tidak berhenti di situ saja, virus ini juga akan berkembang biak dalam sel kekebalan khusus yang ada di kulit yaitu sel Langerhans dimana saat bekerja secara normal, sel ini berfungsi untuk membatasi persebaran infeksi yang terjadi secara terus-menerus.
  3. Sel Langerhans yang sudah terinfeksi ini akan akan berjalan ke kelenjar getah bening dan menginfeksi sel-sel yang lain. Virus yang sudah menyebar ini akan menyebabkan viremia yaitu tingkat tinggi virus yang ada dalam tubuh.
  4. Dalam keadaan yang kacau ini, sistem kekebalan tubuh akan menciptakan sebuah antibodi khusus untuk menetralkan sel yang telah terinfeksi virus, antibodi ini dibantu oleh sistem kekebalan cadangan. Dan sel T sitotoksik (limfosit) akan mengenali sel yang telah terinfeksi virus kemudian membunuhnya sementara sel darah putih berperang melawan virusnya.

Itulah penjelasan mengenai proses penyebaran virus DBD, jika Anda ingin tahu info lebih jelasnya langsung saja kunjungi https://www.guesehat.com/gejala-dan-cara-mengatasi-demam-berdarah-sejak-dini.

Dan jika Anda sudah merasakan gejala sakit kepala, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan sendi, muncul ruam, mual dan muntah, Anda harus segera periksa ke dokter agar mendapatkan pengobatan demam berdarah yang tepat.

Leave a Reply