| by eddye | No comments

Cara Mengobati Penyakit Flu dengan Bahan-bahan Tradisional

Flu adalah gangguan kesehatan yang hampir dialami oleh semua orang di seluruh penjuru dunia. Penyakit ini sendiri sering diakibatkan oleh kondisi cuaca yang buruk, polusi ataupun faktor dari kurangnya menjaga kebersihan. Para penderita ini umumnya akan mengalami berbagai gejala seperti pusing, demam dan hidung tersumbat. Hal ini jelas akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari seperti bekerja maupun sekolah.

Mengobati ini biasanya dapat dilakukan secara medis maupun dengan obat-obatan tradisional yang ada dirumah. Untuk pengobatan secara medis mungkin prosentase sembuhnya akan lebih cepat dibandingkan dengan yang menggunakan obat tradisional. Namun untuk efek jangka panjangnya memang lebih aman obat tradisional karena pengobatan medis dapat mengakibatkan ketergantungan. Untuk Anda yang lebih percaya obat-obatan tradisional, berikut beberapa referensi pengobatan ini yang dilakukan secara tradisional.:

  1. Menggunakan madu

Madu dipercaya dapat meredakan gangguan ini seperti pusing dan hidung tersumbat lantaran memiliki antimikobra. Antimikobra sendiri berperan untuk memerangi virus yang masuk kedalam tubuh seseorang. Untuk penderita ini, madu dapat digunakan dengan cara dilarutkan pada satu gelas air hangat. Untuk takaran madunya sendiri kurang lebih dua sendok makan atau bisa lebih sesuai selera. Larutan madu dan air hangat ini dapat Anda minum setiap hari baik pagi maupun malam hari.

  1. Menggunakan jahe

Selain madu, jahe juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit flu tanpa bantuan obat-obatan medis. Jahe sendiri memiliki peran untuk melonggarkan saluran pernafasan serta melegakan hidung tersumbat. Jahe juga dikenal dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta mengurangi rasa mual dan meriang. Untuk penggunaannya cukup dengan merebus beberapa ruas jahe yang telah dibersihkan dan digeprek dalam wadah berisi air dan tunggu hingga mendidih. Setelah benar-benar mendidih angkat dan saring lalu minum selagi hangat. Untuk menambah rasa, Anda dapat mencampurkan perasan lemon dan madu murni.

  1. Bawang putih

Studi mengatakan bahwa ternyata bawang putih mengandung banyak manfaat untuk membantu penyembuhannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kandungan antioksidan yang berperan untuk mempercepat penyembuhan. Minyak allicin yang terkandung dalam bawang putih juga ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain dimakan langsung atau dicampur ke masakan, Anda juga dapat mencampur irisan bawang putih kedalam mangkuk berisi air hangat lalu gunakan untuk sauna pada bagian wajah Anda dengan kurun waktu 10 hingga 15 menit.

  1. Air garam

Satu lagi metode pengobatannya yang sudah dikenal secara turun temurun dan terbukti khasiatnya yaitu berkumur dengan air garam. Terdengar unik memang namun cara ini ampuh untuk mengobati gangguannya seperti hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan melacurkan garam ke segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur tapi tidak ditelan. Lakukan cara ini secara rutin sembari diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Selain beberapa cara diatas, Anda juga dapat menyembuhkan penyakit ini dengan banyak minum air hangat. Berendam air hangat juga salah satu rekomendasi menarik yang patut untuk dicoba di rumah. Selain itu, cukupi kebutuhan istirahat saat sedang terserang sakit ini, bisa dengan tidur atau tidak melakukan aktivitas berat. Penyakit ini umum terjadi hingga kurun waktu 5 hingga 7 hari, namun jika lebih dari itu, segera konsultasikan dengan dokter. Flu dapat dihindari dengan membiasakan pola hidup sehat seperti olahraga, mengatur pola makan serta rajin mencuci tangan, selain itu gunakan masker pelindung mulut saat sedang berada di ruang terbuka seperti jalan maupun tempat umum lainnya.

 

Leave a Reply