| by eddye | No comments

Beginilah cara membuat nasi goreng abang-abang dirumah

Nasi goreng abang-abang sudah banyak terkenal didaerah manapun, karena hampir di seluruh daerah bahkan kota-kota terkecil pun terdapat penjual nasi goreng kaki lima. Dengan hanya membayar 10 sampai 15 ribu rupiah dapat dinikmati ditempat atau dibungkus pulang. Tetapi bagaimana jika terkadang kita terlalu malas untuk keluar rumah hanya untuk membeli nasi goreng abang-abang tersebut dan lebih memilih untuk membuatnya sendiri dirumah? Maka beginilah resep nasi goreng serta cara pembuatannya yang sudah identik dengan nama nasi goreng abang-abang tersebut, dapat juga ditonton di youtube.

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bumbu daput pada umumnya yaitu cabai merah,  bawang merah, bawang putih, kemiri, bakso, ayam yang sudah disuir, daun bawang, telur ayam, minyak goreng, garam, kaldu bubuk dan ebi. Bagi beberapa orang yang masih asing dengan istilah ebi, yang artinya adalah udang kering.

Yang pertama dilakukan adalah menggoreng cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ebi hingga terlihat layu.  Setelah sudah terlihat matang yang selanjutnya dilakukan adalah mengulek bumbu yang sudah digoreng tersebut hingga halus. Setelah halus dimasukkan kembali kedalam penggorengaan untuk ditumis. Setelah selesai ditumis yang selanjutnya dilakukan adalah meletakkan bumbu tersebut di wadah lain dan kemudian ditiris agar berkurang minyaknya.

Setelah selesai memasak bumbu tersebut selanjutnya adalah mengambil kembali bawang putih untuk dipotong kecil kecil. Setelah itu bawang yang sudah dipotong kecil kecil ditumis dengan telur ayam menggunakan sedikit minyak. Saat menumis sebisa mungkin menggunakan api yang besar. Setelah sudah setengah matang masukkan bumbu pertama yang sudah matang beserta nasi yang dibutuhkan. Aduk seluruh bumbu dan nasi yang ada dalam penggorengan hingga merata setelah itu masukkan sisa sisa bahan yaitu ayam suir, bakso, garam, serta kaldu bubuk.

Untuk membuat nasi goreng terlihat lebih gelap tambahkan kecap sekucupnya. Saat mengaduk nasi dengan bahan gunakan juga  api dari kompor yang besar. lalu masukkan daun bawang  sambil mengaduk aduk hingga semua bahan dan nasinya terlihat mencampur. Setelah selesai tercium bau harum dari nasi goreng abang-abang tersebut yang kemudian dapat langsung dihidangkan.

Leave a Reply